Anak Pecicilan Ternyata Disukai Oleh Rasulullah

Anak pecicilan itu ternyata disukai oleh rasulullah saw loh ayah bunda. Ya, dalam KBBI arti pecicilan untuk menggambarkan individu dengan perangai super aktif, tidak bisa diam, dan selalu bergerak ke sana kemari. Memang, memiliki anak pecicilan bukanlah hal yang mudah. Karena orang tua akan dituntut untuk dapat sabar dengan perilaku anak. Dibalik rasa sabar itu, ketahuilah bahwa ada banyak hikmah yang bisa didapatkan.

Dalil Anak Pecicilan Disukai Rasulullah

Dilansir dari asshidiqaqiqah.com, anak yang pecicilan dapat membuat ia tumbuh menjadi anak yang cerdas saat dewasa nanti.

canva

Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda,

عرامة الصبي في صغره زيادة في عقله عند كبره. رواه الترمذي

Artinya: Aktifnya anak kecil akan menambah akalnya ketika dia dewasa nanti (H.R. Tirmizi)

Dikatakan oleh imam al bani dalam kitabnya bahwa hadis ini derajatnya adalah lemah. Tetapi banyak ulama dan pakar parenting islami yang menelaah lebih dalam maksud dari hadis tersebut. Faktanya, anak-anak yang masih kecil memang sangat aktif dan sulit diam. Keaktifan anak ini, sangat bagus untuk kinerja otaknya. Rangkaian aktivitas ini menuntut anak untuk menggunakan akalnya. Misalnya,ketika anak sedang mencoba bermain bola. Pasti anak akan berusaha berfikir bagaimana agar bola yang ditendang dapat tersepak dengan baik dan mengarah tepat ke teman atau gawang lawan.

Baca Juga : Doa untuk anak sakit

Sebaliknya, anak yang kurang aktif atau cenderung pasif akan tumbuh menjadi sosok yang lemah dan takut tantangan. Oleh karena itu, jika anak suka pecicilan jangan mudah untuk memarahi apalagi hingga memukulnya. Tapi arahkanlah keaktifan anak dengan arah-arah yang positif.

Demikianlah paparan kami mengenai anak pecicilan yang disukai oleh Rasulullah Saw. Tetap semangat terus dalam mendidik anak ya ayah bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *