Kartu Prakerja Gelombang 46 Resmi Dibuka! Ini 5 Tips Lolos Dan Kisi-Kisi Pembukaan Gelombang 47

Pemerintah sudah resmi membuka pendaftaran kartu Prakerja Gelombang 46 pada Selasa 4 Oktober 2022. Langkah-langkah cara daftar Prakerja bisa kamu ikuti dengan seksama untuk memastikan kamu lolos di seleksi kartu Prakerja Gelombang 46 ini.

Seperti yang diketahui bahwa kartu Prakerja sudah dibuka sejak tahun 2020 ketika Covid-19 menjungkirbalikkan seluruh Indonesia bahkan dunia. Sejak pertama kali dibuka pada 11 April 2020 hingga saat ini, total pendaftar kartu Prakerja tembus di angka kurang lebih 86 juta orang dan kemungkinan besar akan terus bertambah. Akan tetapi setelah melewati proses verifikasi dan seleksi, penerima sah kartu Prakerja mencapai 11,4 juta orang.

Peserta yang lolos seleksi kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa uang sebesar Rp 2,4 juta yang disalurkan ke rekening penerima sebesar Rp 600 ribu tiap bulannya selama 4 bulan. 

Bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos pada gelombang sebelumnya, masih bisa daftar lagi di pembukaan Prakerja gelombang 46 ini. Bagi peserta yang dinyatakan lolos sayangnya hanya bisa sekali saja mengikutinya, tidak bisa lagi daftar di gelombang selanjutnya.

Sampai Prakerja gelombang 46 ini pun tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaannya. Para peserta hanya perlu seksama mengikuti langkah-langkahnya. Cukup banyak yang tidak lolos seleksi hanya karena menggampangkan syarat-syarat dan tips lolosnya. Berikut ini ada tips-tips lolos seleksi Prakerja dan syarat daftarnya.

5 tips lolos kartu Prakerja gelombang 46

  • Melengkapi persyaratan dengan baik dan benar
  • Isi semua data sejujurnya dan apa adanya, jangan bohong
  • Mengisi nomor telepon dan alamat email yang masih aktif
  • Foto KTP dan foto wajah yang kamu upload terlihat jelas
  • Data identitas diri harus sesuai dengan data Dukcapil

Syarat daftar kartu Prakerja

  1. WNI usia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku pelaku usaha mikro/kecil.
  4. Bukan penerima bansos (bantuan sosial) selama pandemi COVID-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN atau BUMD. 
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja

Kisi-kisi Prakerja Gelombang 47

Jika seleksi berjalan normal dan semestinya, maka pendaftaran kartu Prakerja akan tetap dibuka setiap minggunya. Karena gelombang 46 sudah dibuka sejak 4 Oktober 2022, maka kemungkinan gelombang 47 akan dibuka pada 11 Oktober 2022 mendatang dengan catatan tanggal resminya bisa maju atau mundur.

Simak video cara daftar kartu Prakerja gelombang 46

Berikut ada video pilihan mengenai tata cara pendaftaran kartu Prakerja bagi kamu yang belum paham atau familiar dengannya https://www.youtube.com/watch?v=G_jLEE_op9E. Semoga kamu lolos di gelombang 46 ini, ya!

#prakerjagelombang46

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *